KESUKSESAN ITU BUKANLAH APA YANG SUDAH KITA CAPAI, TAPI USAHA YANG MAKSIMAL KITA LAKUKAN UNTUK MENCAPAINYA..! ==0)>CAHAYACOMPT (SPECIALIS SOFTWARE & HARDWARE). MENERIMA SERVICE : HP,LAPTOP,COMPUTER,PRINTER. OFFICE JL. RAYA SUMBERBENDO => BONGSOREJO<(0==. (0321) 698 2119 / 0857 3646 2979

Kamis, 31 Maret 2011

Manfaat Wi-Fii dan Bluetooth

WIFI

Definisi :

      WiFi (Wireless Fidelity) merupakan sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks-WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Teknologi ini dibuat dan dikembangkan oleh sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers(IEEE) dengan standar perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. WiFi juga dapat bekerja di jaringan WMAN (wireless metropolitan area network). Selain untuk penggunaan perangkat nirkabel atau Jaringan Area Lokal (LAN), WiFi juga dapat memungkinkan seseorang melalui komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant(PDA) untuk terhubungan dengan internet melalui titik akses (hotspot) terdekat. Saat ini ada empat macam variasi dari 802.11, yaitu 802.11a, 802.11b, 802.11g, dan 802.11n. Spesifikasi b merupakan produk pertama WiFi. Sedangkan variasi g dan n merupakan salah satu produk dengan penjualan terbanyak pada tahun 2005.

Kelebihan WiFi :

  1. Membolehkan LANs untuk menyebarkan tanpa kabel, mengurangi kekuatan dariharga jaringan perluasan dan penyebaran. Tempat dimana kabel tidak dapatdijalankan, seperti tempat terbuka dan sejarah gedung, dapat host wireless LANs.
  2. Produk Wi-Fi dapat diperluas di pasar. Berbeda jenis dari akses point dan jaringan interface klien interoperable di sebuah level dasar dari layanan.
  3. Jaringan Wi-Fi mendukung roaming, dimana sebuah mobile client station seperti sebuah laptop komputer dapat pindah dari satu akses point ke lainnya seperti pengguna pindah disekeliling sebuahgedung atau area.
  4. Wi-Fi adalah global set dari standar. Tidak seperti selular carries, Wi-Fi client bekerja di kota yang berbeda diseluruh dunia
Kekurangan WiFi :

Kekurangan Wi-Fi hanya infrastruktur, Wi-Fi hanya bisa di akses di tempat-tempat tertentu saja. Untuk di Indonesia, infrastuktur Wi-Fi sepertinya dihalangi oleh 10 birokrasi. Banyak pihak-pihak yang akan mengalami kerugian besar apabila infrastruktur Wi-Fi dibangun meluas.

Bluetooth

Definisi :

spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.

Kelebihan Bluetooth :
  • Bisa transfer file secara gratis
  • Jangkauan lumayan luas yaitu sampai radius 10m selama tidak ada   penghalang berupa tembok atau gangguan elektromagnetis
  • Dapat dimanfaatkan untuk multiplayer pada game-game tertentu
  • Dapat digunakan untuk transfer file dari komputer ke handphone dan sebaliknya

Kekurangan Bluetooth :
  1. Terkadang, transfer file dari handphone merk A ke handphone merk B berjalan lambat. Pada kesempatan lain, transfer file dari handphone merk B ke merk A bisa berjalan dengan kecepatan transfer hingga dua kali lipat kecepatan transfer A ke B. Contoh : Transfer file dari HP Nokia ke HP Sony Ericsson misalnya 676kb/menit, tapi transfer file Nokia ke Sony ericsson bisa sampai 1 MB/menit. Dengan kata lain, kecepatan transfer bluetooth tidak tetap dan tergantung dari perangkat yang mengirim dan yang menerima.
  2. Terkadang lagi, pada transfer file, terdapat yang menyusup ke dalam file yang hendak dikirim, sehingga selain mendapatkan file, handphone penerima juga mendapatkan virus. Tips: Seringkali dicirikan dengan pesan ” Terima pesan bluetooth dari perangkat tak dikenal?” Untuk meminimalkan kemungkinan mendapat virus, lebih baik tidak usah menerima pesan dari perangkat yang dikenal.
Persamaan WiFi dengan Bluetooth :
  • Wifi 802.11b beroperasional dari frekuensi 2,402 - 2,483 GHz
  • Bluetooth jg beroperasional dari frekuensi 2,402 - 2,483 GHz
Perbedaan WiFi dengan Bluetooth :
  • Modulasi yg d gunakan berbeda-beda
  • Besarnya bandwith juga berbeda
  • Aplikasi yg digunakan berbeda
  • Kecepatannya juga berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar